Setelah sebelumnya penulis memberi cara untuk rooting android merek lokal (Polytron R3500) maka kali ini akan memberi cara bagaimana menginstall ulang android anda. Namun sebelumnya ada beberapa yang harus anda perhatikan bahwa:
  • Backup dulu android anda sebelum proses install ulang dilakukan (Flash ROM), langkah ini bisa menggunakan beberapa tools (ROM Manager APK / MtkDroidTools
  • Buat file scatter dengan menggunakan MTK Droid Tools.
  • Backup NVRAM / IMEI anda.
Nah untuk proses awal, HH anda harus dalam posisi sudah di root karena jika akan membackup Stock ROM asli anda diperlukan akses Root ke android sistem anda, proses ini anda bisa menggunakan MTK Droid Tools. Untuk lebih detail berikut tools yang harus dipersiapkan.
  1. MTK Droid Tools
  2. Stock ROM sesuai type chipset android anda (Polytron R3500 cocok dengan ROM Samsung Galaxy S4 Mini (GT-i9190)
  3. SP Flash Tool
  4. USB

Copot semua card dan baterai dari HH anda, buka MTK Droid Tools untuk membackup Stok ROM android asli anda.

Jalankan SP Flash tools, cari file Scratter di folder backup MTK Droid Tools yang tadi telah anda backup dari HH asli anda. Pilih file hanya bagian file yang penulis tanda, karena jika langsung mengambil file scratter dari ROM selain android anda. Android anda akan mati dan tidak bisa boot ke system android.

Dalam file scratter yang telah anda buka di SP Flash Tools akan ada beberapa bagian, seperti pada gambar dibawah ini.
Perhatikan jika anda ingin menginstall ulang semua maka centak semuanya, yang saya tandai warna merah sama warna biru.

Jika anda hanya akan mengganti tipe ROM maka cukup ganti name dengan system android yang ada pilih caranya klik dibaris location.

Setelah semua ROM anda selesai pilih maka klik tombol download dan baru colokan Android anda dengan USB ke PC / laptop anda.

Tunggu proses selesai sampai SP Flash tools menampilkan tanda Check List hijau :-), kemudian pasang kembali baterai dan perlengkapan lainya, nyalakan android anda tunggu proses boot (memang agak lama booting logonya jika baru selesai install).

Post a Comment

Silahkan anda tulis komentar di bawah ini !

 
Top