Masalahnya adalah ketika user ngirim email ke luar domain internal selalu balik lagi dengan balasan "Lose connection to..., Cant talk to me..., No route to host, Connection refused, etc. Sampai sampai curiga bahwa IP mail servernya diblok namun setelah dicek di mxtool tidak terdeteksi.
Pertama saya cek di log zimbra:
#tail /var/log/zimbra.log
Dan keluar lah masalah pertamanya:
Jan 11 15:09:42 mail zmconfigd[16856]: Exception in bin/zmmailboxdctl: (Cannot run program "/opt/zimbra/bin/zmmailboxdctl" (in directory "/root"): error=13, Permission denied)
Jan 11 15:09:42 mail zmconfigd[16856]: Exception in bin/zmmailboxdctl: (Cannot run program "/opt/zimbra/bin/zmmailboxdctl" (in directory "/root"): error=13, Permission denied)
Jan 11 15:09:42 mail zmconfigd[16856]: Exception in bin/zmmailboxdctl: (Cannot run program "/opt/zimbra/bin/zmmailboxdctl" (in directory "/root"): error=13, Permission denied)
Jan 11 15:09:42 mail zmconfigd[16856]: Exception in bin/zmclamdctl: (Cannot run program "/opt/zimbra/bin/zmclamdctl" (in directory "/root"): error=13, Permission denied)
Browsing sana sini akhirnya nemu solusi dari forum zimbranya yatu dengan menggunakan feature permfix bawaanya zimbra.
# su zimbra
$ zmcontrol stop
$ exit
Setelah zimbranya dimatikan servicenya langkah selanjutnya adalah kita cek dan lakukan normaliasi permisi.
# /opt/zimbra/libexec/zmfixperms -v -e
# su zimbra
$ zmcontrol restart
Nah langkah ini belum selesai, kita restart dulu machine servernya.
Setelah machine servernya online kembali, kita cek pengaturan MTA melalui halaman zimbra adminnya.
Biasanya ada masalah dalam pengaturan di MTA host sama di RBL Clientnya, silahkan cek dan kembalikan dulu ke settingan awal.
Terima kasih pencerahannya yang bagus
ReplyDeleteWeb hosting is definitely one of the fastest growing industries known to mankind. No matter what economy we are in, this industry only know how to move one direction and that is up. This is due the internet expanding exponentially. https://hostinglelo.in/
ReplyDelete