Didalam dunia statistik dan penelitian setiap grap dan chart sudah tidak asing, karena lebih mudah dan cepat diambil informasi dan kesimpulan, kenapa? karena secara alamiah manusia lebih mudah menangkap dan menyimpulkan informasi dalam bentuk objek yang bisa dilihat dibandingkan dengan deretan angka dan huruf.

Nah bagi anda yang mungkin sudah terlalu bosan dengan proses pembuatan grafik yang monoton terutama dalam mengolah hasil analisis yang Anda dolah dalam bentuk miningtext (apa sih mining text itu ?)

Text Mining adalah proses ekstraksi pola (informasi dan pengetahuan yang berguna) dari sejumlah besar sumber data tak terstruktur. Penambangan teks memiliki tujuan dan menggunakan proses yang sama dengan penambangan data, namun memiliki masukan yang berbeda. (Landasan Teori)

Nah dari pengertian tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa Miningtext adalah mengolah informasi yang sumbernya dari sejumlah keywords data yang tidak terstruktur dan akan diubah menjadi bentuk informasi yang sangat berguna misal dalam menganalisis trend #hashtag di media sosial ataupun hasil survey dari data warehouse.

Nah berikut adalah sampel data dari miningtext kedalam bentuk pola animasi tentang kebiasaan dari 1000 sample masyarakay yang ada di amerika serikat tahun 2014 yang dipublikasikan oleh Nathan Yau.

Post a Comment

Silahkan anda tulis komentar di bawah ini !

 
Top