Dua hari ini saya dipusingkan dengan user yang complain gara gara file presentasinya tiba tiba semua format yang telah dieditnya berubah total mulai dari bentuk font, shapes hingga layout menjadi tak karuan dan acak acakan.

Penulis coba atasi dengan menginstall ulang Microsoft Office nya, alhamdulilah bisa teratasi... namun belum juga sebulan.. user tersebut complain lagi.. saya coba install ulang kembali namun tidak berhasil. Sayapun dibuat report dan pusing... search sana sini di mbah google tidak menemukan jalan juga.

Akhirnya saya berasumsi dan berexpremine karena filenya kalau dibuka di lain komputer tidak berubah alias normal, dan saya curiga bahwa ini ada yang tidak beres dengan settingan Power Point nya yang mungkin Short-Key ada yang kepencet tidak sengaja.

Nah dari hasil eksperimen tersebut saya, menemukan solusinya caranya ada dua:

Melalui Open Files

Buka Power Point
Klik File -> Open -> pilih type Open nya seperti yang terlihat dibawah ini, dan file power point anda akan terbuka dengan format aslinya.


Melalui Trust Centre

Buka Power Point
Klik File -> Option -> Trust Centre kemudian klik Trust Center Settings...

Tampil Popup pilih File Block Settings dan centang (ceklis) bagian merah yang saya tandai.


Nah silahkan klik Ok.

Setelah semua setting ter-apply untuk memastikan silahkan tutup Power Point dan buka file presentasi anda yang sebelumnya dibuka formatnya acak-acakan. Jreng - jreng.. bisa kebuka kan ya...!

Untuk mengeditnya silahkan klik Notifikasi warna kuningan (enable protected view) untuk mengaktifkan feature file agar tidak readonly.

Post a Comment

Silahkan anda tulis komentar di bawah ini !

 
Top