Sidang Tugas Akhir bagi mahasiswa Program Diploma III AMIK merupakan tahap akhir yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menerima kelulusannya. Sering kali sidang tugas akhir menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa karena ketidak pahamannya tentang sidang itu sendiri. Pembahasan berikut ini adalah tip dan trik yang disampaikan Bpk. Fathur Rohman, S.Kom. dalam menghadapi ujian sidang tugas akhir di

Beberapa hal yang mungkin akan membantu Anda untuk mengikuti ujian sidang tugas akhir dengan hasil yang bagus atau sukses.

I. SUASANA SIDANG TUGAS AKHIR (TA)

Pada sidang tugas akhir Anda akan diuji oleh 2 (dua) orang dosen penguji dan pada ruang ujian telah disiapkan komputer dan LCD Projetor yang dapat digunakan untuk memperancar presentasi Anda.

II. BUKU PANDUAN PERSIAPAN LAPORAN TUGAS AKHIR

Persiapkan 3 (tiga) buku Tugas Akhir, yang terdiri dari 1 buah buku Tugas Akhir yang asli dan 2 buah copy buku Tugas Akhir, lalu dijilid biasa dan ditandatangani oleh dosen pembimbing (tanda tangan dosen pembimbing harus asli untuk ketiga buku tersebut).

Perhatikan isi buku Tugas Akhir Anda :

III. PEMBUATAN SLIDE UNTUK PRESENTASI

Slide presentasi dibuat berdasarkan ringkasan buku tugas akhir dengan mengambil bagian yang penting

Untuk yang memilih Pembangunan Sistem Informasi :

Cover
Bab 1 (ringkasan)
Bab 3 (struktur organisasi perusahaan, prosedur sistem berjalan, DFD, dokumen riset, permasalahan, alternatif pemecahan masalah)
Bab 4 (prosedur sistem usulan, DFD, normalisasi ke 2/3 saja, spesifikasi file, kode, HIPO, konfigurasi komputer, jadwal iplementasi/tabel)
Bab 5 (kesimpulan
Untuk yang memilih Pembuatan Program :

Cover
Bab 1 (ringkasan)
Beb 2 (permasalahan, normalisasi ke 2/3 saja, spesifikasi file, kode, HIPO, Flowchart, konfigurasi komputer)
Bab 3 (kesimpulan)
Demo program
Slide dibuat kurang lebih 20 halaman, dengan background putih (terang) agar teks/tulisan terlihat jelas, font Arial, size 24 atau 28 dengan durasi presentasi kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Simpan slide Anda dalam bentuk CD, copy sebanyak dua buah (asli dan cadangan) ditambah CD program (khusus yang membuat progam).

Adapu CARA PRESENTASI, sebaiknya gunakan langkah berikut ini :

Ucapkan salam
Perkenalkan diri Anda
Mulai presentasi
Penutup (kesimpulan/saran)
Ucapkan terima kasih dan salam
Pergunakan kalimat yang baik dan perhatikan caranya presentasi
Catatan :

Untuk suskes presentasi, ada abiknya Anda membaca trip dan trik dari Bpk Rhenald Khasali dalam dapat Anda download pada web ini.

IV. PAKAIAN YANG DI IZINKAN UNTUK MENGIKUTI SIDANG

Pakaian untuk mengikuti sidang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di AMIK-BSI adalah : kemeja putih, jaket almamater, celana panjang hitang (pria) atau rok hitam (wanita). Sepatu warna hitam (jangan sepatu olah raga), dasi warna hitam. Bagi wanita yang mengenakan jilbab, sebaiknya jilbab berwarna putih.

V. PROSEDUR PENDAFTARAN UNTUK JADWAL SIDANG

Pendaftaran hanya dilakukan oleh Dosen Pembimbing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (tanya dosen pembimbing Anda kapan Anda akan didaftarkan) via Intranet BSI dan tidak dikenakan biaya!. Mahasiswa tidak mengumpulkan Tugas Akhir, tetapi hanya menyerahkan Cover Tugas Akhir (1 lembar) saja guna pendaftaran oleh dosen pembimbing.

Setelah pendaftaran oleh dosen pembimbing, mahasiswa bimbingan wajib memantau jaddwal Sidang memalui WEB BSI (http://www.bsi.ac.id) -- biasanya 1 hari setelah pendaftaran oleh dosen pembimbing, jadwal sidang sudah terlihat -- Setelah mendapatkan jadwal, maka cetak jadwal tersebut dan dibawa waktu sidang sebagai Kartu Peserta Sidang.

VI. PREDIKSI PERTANYAAN SIDANG TUGAS AKHIR AMIK

Judul TA
Mengapa saudara memilih judul ini
Apa permasalahannya
Apa pengertian sistem informasi dan sistem komputerisasi
Landasan Teori
Jelaskan pengertian sistem, sistem informasi, sistem informasi akuntansi (KA)
jelaskan pengertian jurnal penerimaan/pengeluaran kas dan tulis bentuknya di whiteboard (KA)
Jelaskan tentang Tools System (DFD), Normalisasi, Key, Kdoe, Flowcart, kamus data, simbol-simbol, dll.
Prosedur Sistem Berjalan
Jelaskan prosedur sistem berjalan
Jelaskan aliran data pada DFD (diagram contex, Nol, dan Detail)
Bagaimana penulisan kamus data (penggunaan notasi)
Apa permasalahan yang diangkat dan sulusinya bagaimana
Prosedur Sistem Usulan
Jelaskan prosedur sistem usulan dan perbedaannya dengan sistem berjalan
Jelaskan aliran data pada DFD (diagram contex, Nol dan Detail) dan database yang terlibat.
Bagaimana penulisan kamus data usulan dan form/dokumen usulannya.
Jelaskan tentang normaliasi
Jelaskan bentuk-bentuk relasi yang terjadi
Jelaskan tentang primary key dan foreign key
Jelaskan tentang struktur kode
Jelaskan tentang diagram HIPO dan menu programnya
Jelaskan tentang konfigurasi komputer
Jelaskan tentang jadwal implementasi
Jelaskan kesimpulan dan saran
Dan masih banyak lagi kemungkinan pertanyaan yang timbul berdasarkan judul yang diangkat.
Prinsip Sidang : Setiap jawaban atau argumentasi yang Anda sampaikan ada nilainya, usahakan menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

VII. YANG HARUS DI BAWA UNTUK SIDANG DIPLOMA TIGA

Buku Tugas Akhir 3 (tiga) buah, Kartu Peserta Sidang, Seragam Sidang, CD Presentasi dan atau Program, Alat Tulis, dll yang sesuai.

VIII. LANGKAH YANG HARUS DILAKSANAKAN SETELAH SIDANG

Setelah sidang tugas akhir diakhiri, maka penguji akan menyerahkan kembali kepada Anda buku Tugas Akhir yang telah mendapatkan revisi-revisi dan sebuah form Revisi yang ditandatangi oleh Penguji. Periksa nama penguji, jika tidak jelas, minta kejelasannya -- karena nama penguji akan dituliskan pada tugas akhir revisi Anda --

Setelah sidang tugas akhir selesai, setiap mahasiswa bimbingan diwajibkan untuk melakukan revisi (perbaikan) buku tugas akhirnya sesuai dengan saran dari penguji.

Hasil revisi lalu dicetak dan disusun kembali menjadi buku Tugas Akhir, lalu segera konsultasi kepada dosen pembimbing Anda, dan meminta tanda tangan.

Setelah melakukan revisi dan tandatangan dosen pembimbing, temui dosen penguji Anda untuk mendapatkan tanda tangan pengesahannya. Jilid tugas akhirn Anda dan dibuat Soft Cover dan dikumpulkan di Administrasi sesuai dengan jadwal dan ketentuan

Download Power Point Sidang

Sumber: Blog Alumni BSI - Saya lupa alamat blognya.. :-(

Post a Comment

Silahkan anda tulis komentar di bawah ini !

 
Top